Manfaat Yoga Bagi Tubuh

Olahraga yoga bagi sebagian orang mungkin menjadi aktivitas yang bertujuan untuk melatih dan membentuk postur tubuh, namun di sisi lain olahraga yoga juga kerap dijadikan sebagai sarana meditasi.

Olahraga yang berasal dari India ini sangat diminati oleh banyak orang karena memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, apa saja manfaatnya? Mari kita bahas..

1.  Membuat Pernafasan Lebih Baik

Dalam kelas yoga, salah satu hal yang diajarkan adalah mengatur pernafasan, atau nama lainnya adalah pranayama. Latihan tersebut mengajarkan kita untuk dapat bernafas  dengan benar. Hal tersebut dapat memperlancar alur pernafasan serta membuat saraf-saraf menjadi lebih tenang.

2.  Melatih Otot

Manfaat yoga yang kedua adalah melatih otot tubuh. Tak seperti olahraga kebanyakan, yoga dapat meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel otot, yang dapat membantu untuk menurunkan kadar gula darah, meningkatkan sirkulasi dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

3.  Melancarkan Peredaran Darah

Pernapasan lancar, otot makin lentur, sudah pasti sistem peredaran darah pun jadi lebih lancar. Dampak yang dihasilkan bagus untuk kesehatan, metabolisme tubuh jadi lebih baik dan terhindar dari penyakit.

4.  Memperbaiki Kualitas Tidur

Disadari atau tidak, sebagian besar orang dewasa memilliki kualitas tidur yang kurang baik. Hal tersebut bisa jadi karena terpengaruh oleh pola hidup yang kurang sehat atau beban pikiran. Jika kamu memiliki keluhan tersebut, coba untuk mulai olahraga Yoga. Selain tubuh bugar, pikiran akan lebih rileks dan dapat membuat tidurmu lebih nyenyak dan berkualitas.

5.  Memperbaiki Mood

Sebuah studi 2011 dari Boston University School of Medicine menemukan bahwa manfaat yoga yang lainnya adalah meningkatkan suasana hati dan menurunkan kecemasan. Hal ini disebabkan karena berlatih yoga dapat meningkatkan kadar asam gamma-aminobutyric (GABA) di otak.

Itulah beberapa manfaat olahraga Yoga bagi tubuh, jadi untuk kamu yang menginginkan manfaat tersebut kamu bisa memulai olahraga Yoga mulai dari sekarang. Kamu bisa berolahraga Yoga secara online melalui online class Instagram Story @klubkelapagading atau dengan mendaftar membership ke klub olahraga terdekat.