Cara Membuat Cafe Latte

Latte atau Caffe Latte adalah minuman yang berasal dari Italia yang berarti Kopi Susu. Minuman yang berbahan dasar espresso, dan susu dengan perbandingan 2:1 antara susu dan kopi. Latte atau Caffe Latte sekarang ini sedang banyak digemari oleh anak muda yang memiliki kecintaan kepada kopi tetapi tidak kuat dengan pekatnya kandungan kopi.

Sebagian orang ada yang penasaran dengan proses pembuatan Latte atau Caffe Latte. Berikut cara pembuatannya:
  • Siapkan espresso one shot atau double shot, susu murni, dan cangkir kesayanganmu.
  • Pindahkan espresso ke cangkir kesayanganmu.
  • Masukkan susu ke pitcher, untuk mensteam susu untuk Caffe Latte posisi awal ujung pipa steam sekitar 1 cm dari permukaan susu. Kamu juga harus menempatkan posisi pipa steam di pinggir pitcher.
  • Nyalakan mesin espresso untuk steam susu, pada awal-awal akan berbunyi berdenyit yang sangat keras. Kamu tidak perlu kawatir, karena memang begitu proses mensteam susu. Ketika men-steam, susu akan berputar seperti diaduk dengan cepat.
  • Setelah permukaan susu naik, turunkan sedikit pitcher agar ujung pipa steam tetap sekitar 1cm di permukaan susu. Untuk latte berhenti menurunkan ujung pipa steam ketika susu mengembang sekitar setengah dari permukaan susu awal sebelum mesin dinyalakan. Setelah itu posisi ujung pipa steam harus stabil agar menghasilkan busa susu yang tipis. Matikan mesin ketika suhu susu sekitar 60 derajat celcius, kalau dirasakan dengan tangan pitcher susu terasa hampir panas. Kalau terlalu panas, rasa manis asli dari susu akan rusak.
  • Setelah selesai men-steam, goyang-goyang pitcher agar busa susu menjadi lebih padat.
  • Untuk menuang susu posisi awal pitcher agak tinggi dari cangkir. Pertama kamu tuang susu dengan perlahan-lahan sambil sedikit putaran di cangkir. Setelah setengah cangkir dekatkan ujung pitcher untuk mendapatkan warna kontras susu. Sedikit goyangan ketika menuang susu lalu diam dan akhiri dengan gerakan kedepan sudah bisa mendapatkan seni gambar untuk latte.
  • Latte hasil kreasimu siap untuk dinikmati.